Jumat, 28 Desember 2018

4 Manfaat Hobi Memancing untuk Keluarga

Memancing di laut
Semarang, 27 Desember 2018


Liburan akhir tahun hampir habis. Kalian sudah pergi kemana saja? Pastinya seru ya. Ada yang “ngabisin”  wishlist tahunan travelling ke penjuru nusantara atau bahkan ke luar negeri? Yang membuat hati klepek-klepek atau bahasa kerennya menabung memori positif bersama keluarga, ya. Apapun itu, liburan dan jalan-jalan bareng keluarga memang tidak akan pernah membosankan.

Nah buat keluarga saya, liburan gak mesti harus mahal. Maklum keluarga dengan gerbong panjang maka faktor biaya harus dipertimbangkan dengan baik. Sudahlah! Biarlah Raja Ampat dan pantai di Sabang akan kami simpan rapat-rapat menjadi wishlist liburan tuk menengok  keelokan bumi pertiwi, yang entah kapan bisa terwujud. Nah, kali ini liburan tipis-tipis kami isi dengan hobi dari dua jagoan di rumah, yaitu Si Papah dan Mas Ali.

Yup, memancing memang biasa menjadi icon bagi anak lelaki. Buat saya sendiri, memang agak  sulit menyandingkan antara memancing dan menonton film (hobi saya). Rasanya bak bumi dan langit. Tapi, nyatanya memancing pasti selalu jadi semacam alasan untuk mengisi waktu liburan. Daripada berantem, akhirnya saya dan geng cewek-pun mengikuti keinginan mereka. Geng cewek adalah tiga orang putri kami, si kakak yang SMP dan si kembar yang menginjak sekolah PAUD. Paham kan yang dimaksud dengan gerbong panjang?

Terkadang sebelum action memancing, ada proses planning dan organising keluarga yang membuat rempong. Tapi di balik kerempongan dalam liburan tipis dengan memancing, ternyata banyak manfaatnya lho. Berikut ini adalah manfaat memancing untuk keluarga.

1. Latihan bersabar

Sabar di tengah terih matahari
Dokumen pribadi

Menyiapkan umpan, melemparkan kail, menunggu-menunggu dan menunggu hingga akhirnya dapat ikan, setelah itu menarik ulur-berjibaku dengan ikan dengan skor akhir berhasil atau tidak mendapatkan sensasi “strike” adalah proses latihan sabar yang luar biasa berharga.

Ada sebentuk keyakinan dimana tempat memancing menyimpan banyak ikan, setelah itu usaha terus menerus yang dilakukan dalam memancing. Dan disela-sela usaha itu, pastinya ada doa yang terselip agar ikan-ikan segera meraih umpan yang dipasang. Dan, strike!

Anak yang terbiasa memancing, maka akan memahami bahwa suatu hasil yang besar akan didapatkan melalui usaha yang tidak instan. Dan ini adalah salah satu soft skill penting yang bisa didapatkan anak dari hobi memancing.

2. Berorientasi pada pencapaian target

Strike ikan nila 0,5 kg
Dokumen pribadi

Aktivitas memancing meskipun santai tapi dilakukan dengan penuh konsentrasi dan kemampuan bertahan yang tinggi. Keduanya rela dijalani oleh pemancing mania agar mendapatkan target yang terbaik. Optimisme selalu menjadi teman dalam menanti target, meskipun faktor alam terkadang memberikan hasil yang berbeda, namun pembuatan target yang jelas ini telah diajarkan melalui hobi memancing. Setara ya dengan indikator s.m.a.r.t nya P.M.E.R., yang paham, tunjuk jari. 

3. Pengobat stres

Setiap berkunjung ke kota baru, kami selalu mencari tempat pemancingan sebagai salah satu tujuan singgah. Dan ini memberikan satu kesenangan buat kami yang menjadi “suporter” pemancing. Salah satu persyaratan tempat pemancingan ini haruslah pemandangan yang indah dan cocok untuk selfie maupun wefie.
Yang memancing 2 orang, sisanya supporter
Dokumen pribadi


Menikmati pemandangan yang indah diatara desiran angin yang sepoi-sepoi plus makanan yang siap tersedia menjadi obat stres yang mujarab. Menjadikan hati dan otak kita menjadi lebih segar. Biasanya setelah memancing selesai dan kembali ke rumah, istirahat kami menjadi lebih pulas dan tentunya ini sangat positif untuk kesehatan.
Hasil pancingan siap disantap
Dokumen pribadi


Selain itu, semakin sering pemancing mania merasakan “strike” maka semakin bertambahlah tabungan kepecayaan diri dan kebahagiaan dalam dirinya. Dan, ini oke punya dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia. Salah satu contohnya si Mas Ali, sekarang sudah semakin percaya diri dengan mata-mata berbinar ketika membicarakan memancing. Dia akan mudah menceritakan momen-momen strike yang pernah dialaminya

4. Olah raga ringan

Meskipun terlihat santai, memancing ternyata dikategorikan sebagai olahraga ringan. Sebut saja berjalan kaki ke arah pemancingan, sungai, kolam maupun laut sambil menjinjing peralatan memancing hingga kegiatan fisik lainnya yang dilakukan minimal selama 2 jam, sangat bermanfaat untuk tubuh.
Butuh olahraga, Pak? Memancing yuk!
Dokumen Pribadi

Dan karena dilaksanakan dengan perasaan ringan dan senang, olahraga ini menjadi tidak terasa berat. Yang berat itu hanyalah rindu. #apasih.
Jadi, kita tidak boleh meremehkan kegiatan memancing, yang penting jangan lupa sediakan sunblock agar tidak membekas hitam di kulit kita.

Bagaimana dengan pertimbangan budget? Kalau ini tergantung sih, kalau mau hemat ya memancingnya dengan kail bambu dan umpannya dari cacing mencari sendiri dan tempat pemancingannya cukup cari yang murah. Ada yang perhari, dimana si pemancing cukup membayar 50 ribu perhari mau dapat atau tidak ikan di kolam. Namun, kadang orang yang hobi memancing rela merogoh kantong dalam-dalam untuk melengkapi piranti pancing mereka. Tak tanggung-tanggung, harganya sampai jutaan lho gaes. Dan ini sampai sekarang harga kail nya si papah dan mas masih menjadi rahasia untuk saya, daripada ribut katanya, hahaha.

Jadi, gimana nih liburan kalian? Intip ah punya Mbak Mara dan Mbak Erina, blogger seru dari Semarang. Seru jugakah seperti kami?
Buat kalian yang sinngah, jangan lupa komen pengalaman serunya ya di bawah ini.

4 komentar:

Bunda Dirga mengatakan...

Mancing adalah hoby almarhum bapak saya, setiap minggu selalu mancing hihi, anak anaknya gak ada yang mewarisi hoby memancingnya hihi

Farida mengatakan...

Iya nih para laki di sini jg suka mancing. Memang lucu ya kalau dipikir, begini aja kok seneng hihihi..

prana ningrum12 mengatakan...

jadi pingin mancing nih....

ewafebri mengatakan...

Seru kalo hasil pancingannya dibakar 🤭 . Saya sendiri gak suka mancing. Suka hasilnya kalo udah mateng 😁😁😁😁

Pesan Lama

Sumber: twitter Pesan Lama Langkah kakiku terhenti. Nani memandangku sedih. “Jihan, apa kabar?” Katanya sambil memeluk tubuhk...