Sayang, kita harus bicara!

Pernahkah anda merasa ada yang salah dengan pasangan anda?
Merasakan tidak ada hubungan yang pas?
Merasa dia tidak memahamimu?
Merasa bahwa dia rasanya tidak benar?

Saya pernah mengalamainya.
Sebelum kemudian memutuskan bahwa ini hanya masalah komunikasi dan kemudian berani meminta maaf, saya membutuhkan beberapa saat untuk merenung. 

Dan foto di bawah ini menandakan bahwa kita harus berusaha bersungguh-sungguh dalam melakukan komunikasi yang lebih baik degan pasangan kita. Caranya bagaimana? 
Sumber : Pinterest
Setiap pasangan memiliki cara masing-masing untuk menyelesaikan masalah komunikasi diantara mereka. Bagi saya, waktu itu penting. Saya butuh sendiri, untuk tidur lebih nyenyak dan agar bisa berpikir. Beruntung, masalah ini dikala kami sedang terpisah sementara waktu (tugas keluar kota). Ya, 2 hari cukup lah untuk tidur lebih nyenyak. Berpikir banyak tentang apa sebenarnya masalah yang sedang kualami. Mengatakannya dan mencari solusi.

Pentingnya Berbicara dengan Pasangan

Lalu, akhirnya kami berbicara. Karena dalam Islam, tidak diperbolehkan bertengkar lebih dari 3 hari.
Lalu, kamipun berbicara. Untuk memulainya, tidak mudah memang. Saya bersyukur karena panggilan Sayang dari dia terus terkirim, menyirami dan menandakan dia pun memahami bahwa kami sedang memiliki masalah. Sehinnga memulai pembicaraan hanya membutuhkan kesediaan saya.

Dan, saatnya tiba, kamipun berbicara. Lewat aplikasi sosial media. Jangan ketawa, ya. Kenapa tidak berbicara langsung saja? Itu dia, setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengatasi masalahnya. Jadi, kami mengirim pesan pribadi (wapri) untuk membicarakan hal serius, masalah dan kenapa itu terjadi. Adanya perbedaan persepsi antara saya dan dia. Dan ketika masalah selesai, kami pun memperlihatkannya di wagroup yang hanya berisi keluarga inti kami. 

Alqur'an adalah penolong adalah benar. Keras kepalaku melunak setelah memahami persepsi dia dan membaca 15an ayat di pagi ini. Dan alhamdulillah, rasanya lebih lega.Tinggal selangkah lagi memperbaiki diri atas persepsi yang ada. Jadi, bicara saja tidak cukup, sebetulnya. 

 ....

Dan, masalah komunikasi ini tidaklah akan berhenti begitu saja. Setiap waktu dalam kehidupan berpasangan, berkeluarga miskomunikasi bisa saja terjadi. Tentu saja, karena ada perbedaan prinsip, ego, persepsi dan tujuan. Terkadang diam itu emas, seperti yang pernah saya tulis disini. Tetapi ada saatnya, kita harus mulai berbicara, untuk segera mencari solusi atas masalah yang ada. Tentunya itu membutuhkan komitmen dari kedua belah pihak untuk saling mengerti, memahami dan berempati atas perbedaan peran dan tanggung-jawab yang ada.

Sekian ya, sharing ini. Semoga bermanfaat!

Happy parenting
Happy day
Semoga kita semua dimudahkan dalam menhadapi segara peran dan hubungan baik yang ada. 

0 Response to "Sayang, kita harus bicara!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel