15 Hobi yang Bisa Dilakukan Di Rumah


Tiba-tiba kita harus hanya tinggal di rumah dan menjalankan roda “sekolah di rumah” dengan sabar dan sukses. Ini adalah kenyataan yang harus kita hadapi saat ini. Ya, karena pandemi Corona ini, Saya dan juga berjuta rakyat Indonesia telah menjalani social distancing. Kita belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Seluruh waktu kita akan dilalui bertemu dengan 4L (lu lagi lu lagi). Sepertinya akan menjadi momen yang menantang. Kenapa? Karena meskipun kita akan (bisa) menjalankan fungsi pengasuhan dengan maksimal (fully quantity time) dengan anak-anak, namun nyatanya berpotensi menghadirkan banyak masalah. Lama-lama mungkin akan muncul sedikit konflik. Kesenggol lah, berantem lah, dan lama-lama kepala Kanjeng Mami akan bertanduk. (Hehe perumpamaan, ya).

Maka, sudah sewajarnya kita berdamai dengan waktu dan keadaan ini. Kita memang tidak bisa keluar rumah, tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan hobi yang menyenangkan di dalam rumah. Bahkan ada bonusnya, yaitu jika kita bisa menekuni hobi yang menghasilkan pundi-pundi uang. Saya suka nonton dan menulis, jadi Saya otomatis menonton film atau menulis ketika saya memiliki waktu senggang di rumah.

Namun, masih banyak aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah. Yang bermanfaat untuk membunuh kebosanan dan mengusir bad mood yang terkadang membuat buruk hari kita. Daripada berantem dengan anak atau bahkan suami, 15 menit atau 1 jam “sendiri” melakukan hobi itu, akan memberikan jeda dan metime yang berkualitas untuk kita. Untuk waktunya, tergantung dengan masing-masing orang. Ada yang memilih waktu sebelum anak bangun, misal jam 4 pagi sesudah sholat tahajud hingga menjelang subuh; atau pada saat waktu tidur siang disaat semua pekerjaan selesai, lakukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Aktivitas yang dipilih-pun beragam. Tergantung dengan passion masing-masing orang. Bisa memasak, berkebung, melukis, membaca, kerajinan tangan atau hal yang lain. Berikut adalah beragam aktivitas yang bisa dilakukan di rumah.

Satu: Menulis

Geliat literasi di kalangan milenial sudah semakin berkembang. Media online memberikan peluang yang luas bagi penulis-penulis baru untuk bertumbuh. Selain itu komunitas menulis dan ajakan menerbitkan buku bersama atau antologi juga semakin banyak. Nah, saatnya Anda juga mencoba hobi ini, ya. Dan, selain menjadi aktivitas yang menyenangkan, menulis dari rumah juga bisa menjadi satu sumber rizki ya.

Dua: Membaca Buku

Membaca bisa disebut saudara kembar dari menulis. Hanya beda aktivitasnya. Bagi penggila baca, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa merasa lelah hanya sekedar duduk dan menghabiskan sebuah buku yang mereka sukai. Saat ini, saya bersyukur karena hobi ini menular ke anak-anak saya. Gimana caranya kok bisa menular? Mungkin karena sering membacakan dongeng maupun cerita sebelum tidur. Lama-lama, mereka jadi suka dengan buku dan memilih sendiri bahan bacaan yang mereka inginkan. Sejauh ini, kebiasaan ini efektif untuk menularkan hobi positif pada anak-anak.

Ini  salah satu contoh ulasan karya, hasil dari membaca buku. 

Tiga: Hobi geser-geser atau menata ulang rumah

Siapa yang hobi geser-geser rumah? Ya, saat ini komunitas home decor banyak bermunculan di dunia maya. Katakanlah komunitas diy (do it yourself). Saya mengenal komunitas ini dari sahabat lama saya. Saya sesekali melakukan beberapa perubahan di rumah, khususnya kalau sedang suntuk sekali dan tidak bisa melakukan aktivitas yang lain, misal berteriak (ekstrimnya), maka saya akan menata ulang rumah sekedar untuk mendapat suasana baru.

Menata ulang rumah adalah aktivitas yang menyenangkan. Waktu kecil dulu, kami sering diajak ibu dan bapak untuk gotong royong di hari minggu. Ada yang kebagian membersihkan rumah bagian dalam, ada yang kebagian membersihkan halaman yang menurut saya seperti naik lembah turun lembah. Catat: ingatan saya waktu itu anak usia 1 sd, belakang rumah ada ladang yang ditanami pohon singkong. Jadi berasa tanahnya naik turun, hehehe.  ibu biasanya merapikan perabot di rumah.

Anak-anak dapat terlibat dalam proses menata rumah. Seperti memilih warna dinding yang mereka inginkan, letak/ posisi meja belajar, letak/ posisi lemari buku, dan lain sebagainya. Salah satu hal positif dalam proses ini adalah anak merasa dirinya berharga. Meningkatkan rasa percaya diri mereka dengan memberikan keluasaan bagi  mereka untuk menata sendiri interior kamar. Satu hal yang pasti, keluarga akan makin kompak dalam bekerjasama menyelesaikan satu pekerjaan.

Empat: Berolahraga

Berolahraga sebagai hobi adalah suatu yang positif. Di era di rumah aja saat ini, jangan sampai hobi ini menjadi terbengkalai. kita bisa tetap melakukannya meskipun di rumah. Bisa dilakukan bersama dengan keluarga ataupun sendiri. Yang penting manfaatnya sesudah itu badan menjadi lebih sehat.

Dokumen pribadi

Lima: Memasak

Disini siapa yang belum bisa membedakan bumbu kunci dan kencur? Saya menunjuk jari yang pertama, jika ada pertanyaan tersebut. Keahlian memasak Saya memang bisa dikalakan sangat mengecewakan. Namum di masa Pandemi saat ini, masakan yang sangat “tidak iya” ini bisa menjadi makanan terlezat di rumah. Iya dong, emang mau makan apa lagi mereka kalau tidak masakan kita, Bunda. Jadi, berbanggalah pada diri sendiri dan  panggilah diri kita Chef terbaik di seantero jagat rumah sendiri. Apalagi kalau memang yang punya hobi memasak. Tinggal di rumah bisa menjadi waktu yang berharga untuk mencoba-coba menu yang baru.

Enam: Mengaji atau Meditasi

Jika kita merasa stres, gelisah atau sedih, terkadang kita membutuhkan spiritual coping mechanism. Mengaji dengan melantunkan ayat suci Alqur’an dapat membuat hati kita menjadi tenang. Ada sebagian orang yang melakukan meditasi. Metode berbasis spiritual ini bisa dijadikan hobi yang positif.

Tujuh: Konten Kreator

Membuat sebuah konten dan kemudian mempublikasikannya kepada orang banyak bisa disebut konten kreator. Tentunya dengan definisi yang sederhana, ya. Kita bisa mengenal konten kreator yang menjadi youtuber, blogger, vlogger, podcaster, komikus sosial media, influencer dan sebagainya. Bagi yang punya hobi ini, bisa mulai diasah skillnya ya. Karena manfaatnya banyak sekali, salah satunya bisa juga membuka pintu rizki jika digeluti dengan optimal.

Delapan: Menjahit

Saat ini, banyak sekali komunitas yang membuat gerakan berbagi masker. Tentunya untuk mengikuti anjuran pemerintah bahwa setiap orang yang keluar rumah harus menggunakan masker. Untuk masyarakat awam dianjurkan menggunakan masker kain. Maka, yang punya hobi menjahit, hal ini bisa dijadikan peluang. Jahitlah dan juallah hasil karya itu, siapa tahu bisa menjadi ladang rezeki dikala sedang berada di rumah.

Sembilan: Berkebun

Bagi penyuka tanaman, memiliki tanaman layaknya membesarkan anak. Pernah dengar iklan kecap yang berkata, : Ini Malika, dia saya besarkan seperti anak sendiri...” Padahal Malika ada kedelai. Ya, seperti itulah plarent atau plant parent. Orang tua dari tanaman. Merawat tanaman yang ada di taman kita membuat kita nyaman, bertanggung jawab dan puas, khususnya jika tanaman itu bisa tumbuh subur dan indah.

Sepuluh: Belajar Bahasa

Kemampuan berbahasa baik asing dan lokal saat ini banyak manfaatnya. Contoh, kemahiran berbahasa Jawa bisa dimanfaatkan untuk menjadi guru bahasa Jawa. Yang tentunya tidak dimiliki oleh sembarang orang. Nah, waktu luang sekarang bisa dimanfaatkan untuk menasah kemampuan berbahasa kita ya. Bagi yang tertantang dengan hobi ini, tentunya manfaatnya bagus ya.

 Sebelas: Fotography

Foto itu berbicara adalah ungkapan untuk karya fotograpgy yang bagus.Untuk menciptakan karya seperti itu, tentunya perlu ketrampilan yang mumpuni. Nah, dikala di rumah kita bisa meningkatkan kemampuan foography dengan praktek memfoto objek yang ada di sekitar rumah atau bahkan dengan mengikuti kelas-kelas online yang saat ini banyak beredar.  

Dua belas: Bermain musik

Semenjak sekolah di rumah, anak lelaki kami mulai belajar Keyboard. Diajari oleh Suami yang juga belajar secara otodidak, di minggu ke dua dia sudah bisa memainkan lagu Padamu Negeri dengan iringan-opening-dan ending yang lumayang mulus. Selain itu, banyak konten di Youtube yang berisi tips bermain keyboard.

Tiga belas: Menyelesaikan Teka Teki Silang

Bermain Teka Teki Silang (TTS) merupakan salah satu hobi yang baik. Dapat meningkatkan logika berpikir kita dan membuat kita tidak mudah pikun. Kepuasan akan kita dapatkan jika seluruh kotak dapat terisi dengan benar.

Empat Belas: Menonton Film

Saya yakin banyak yang memiliki hobi menonton film. Apalagi sekarang banyak platform yang menyediakan streaming film. Nah, saatnya bagi yang memiliki hobi ini menikmati keluasan waktu untuk menonton film. Akan bagus jika, setelah menonton bisa menuliskan reviewnya agar bisa membantu menonton berikutnya memilih film yang bagus.

Lima Belas: Rebahan

Entah apa yang bisa Saya tuliskan untuk hobi jenis ini. Namun Saya yakin, peminat hobi ini buanyak sekali. Meskipun terlihat sepele, nyatanya rebahan dan bersantai bisa bermanfaat untuk memberikan istirahat yang cukup untuk badan kita. Istirahat yang cukup saat ini nyatanya disarankan oleh pemerintah untuk menjaga kesehatan kita, menghindari diri dari virus Corona yang sedang happening.

Nah, itu adalah 15 hobi yang menyenangkan yang bisa dilakukan selama menikmati waktu di rumah saja. Bagaimana dengan Anda? 

21 Responses to "15 Hobi yang Bisa Dilakukan Di Rumah"

lithaetr said...

Assalamualaikum, salam kenal. Emang kegiatan sederhana justru yang paling bisa dilakukan saat ini. Tinggal dibuat lebih asyik dan seru pasti tetap menyenangkan. Keren mba ulasannya. Terima kasih 😊

lithaetr said...
This comment has been removed by the author.
Thessa R said...

Wuaa banyak ya sebenarnya yg bs dilakukan.. hehehe.. aku paling yg masih rutin dilakukan itu baca buku. Hobi lain kalah sama hobi rebaban 🤣🤣
Btw, salam kenal ya mba 😊

Fitra juwita said...

Mbak itu pasukan yang ikut senam dihalaman banyak banget..jadi pngen punya pasukan banyak kyk gitu..😂😂😂

Wuri Nugraeni said...

Wow, banyak banget, ternyata isi TTS juga ada manfaatnya ya, tapi aku dari dulu nggak bisa, eh, kalau sekarang ada Google ya hahaha

Wahyu Widyaningrum said...

TTS ini kok aku langsung tertarik ya, hihihi. Kayaknya lama banget nggak isi TTS. Dulu sampai sok beli buku khusus TTS. Rasanya senang kalau bisa ngisi semuanya. Aha, begitu banyak yang bisa dilakukan ya.

Anjar Sundari said...

Nah TTS menarik nih, Mbak. Saya dulu pernah mencoba beberapa kali membuat TTS, membuat ya bukan mengisi. Dan ini sangat memakan waktu, harus berpikir keras dan berwawasan, cieehhh.

Pertama kita membuat kotak-kotak simetris, mendatar dan menurun membentuk baris-baris. Kemudian kita isi dengan jawaban atau kata-kata yang harus sesuai dan pas jika berpotongan dengan kotak lain. Kesulitannya mungkin di sini nih.

Kemudian kita beri nomor urut disetiap awal kotak jawaban, dan terakhir kita buat pertanyaan yang jawabannya mach dengan isian di kotak. Setelah jadi kata-kata di kotak kita hapus. Kemudian beri tantangan pada anak untuk mengisi TTS buatan kita. HHmmm, sudah ngabisin waktu sehari sendiri tuh, hehe.

Keisya Avicenna said...

Membaca tulisan, Mbak saya jadi punya ide tambahan kegiatan selama di rumah. Salah satunya yang lama tidak saya lakukan adalah mengisi TTS. Nanti nyari buku TTS yang dulu pernah dibeli, ah. Sepertinya masih banyak yang kosong. Makasih Mbak ide kreatifnya... salam buat si kembar dari Mbak Kembar.

Nyi Penengah Dewanti said...

Kangen main musik, jaman SMA aku pinter gitar mba wakakka
sekarang tumpul euy, dan beberapa ingat.
Banyak sekali yang bisa kita lakukan ya sebenarnya dan itu semuanya positif

Mechta said...

Main game mba..hehe.. Nah itu hobi adik2ku tuh. Kalau sudah main game betaaaah banget deh hehe..

Prananingrum said...

Aku lg suka bc2 buku nih mb..ma berjemur klu j 9 nan buat ngisi waktu..byk bgt y yg bs dilakuin dengan stay at home..sehat sll y mb

Momtraveler said...

Banyaak yg bisa dikerjain di rumah ya mbak ga ada alwsan untuk ga produktif. Walaupun di rumah aja hobi tetep jalan

Arina Mabruroh said...

No 15 bikin mesem-mesem, soalnya aku ya rebahan mulu apalagi kalau pas suami si rumah, gantian shift sama temannya.

Sebenarnya banyak banget ya aktivitas menarik pas di rumah aja, tapi kadang udah jenuh duluan.
Btw Udah lama nih nggak ngisi TTS

Ika Puspita said...

Nah, rebahan itu hobi aku banget mbaaa. Tapi rebahan mulu juga lama-lama capek juga, hihi. Jadi mending capek karena ngerjain sesuatu aja. Aku kalo kehabisan ide mau ngapain, aku duduk2 di teras, liat kendaraan yg lewat di jalan depan rumah sambil cari inspirasi, hihi

Hidayah Sulistyowati said...

Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan di rumah. Sejak di rumah terus, aku jadi rajin bikin cemilan. Biasanya kan seminggu sekali ya, sekarang bisa tiap hari

Diyanika said...

Semua hampir semua sudah kulakukan, yang belum hanya satu, mengisi teka-teki silang,wkwkwkwkwwk.

Semalam aku baca buku lagi sebelum tidur dan rasanya kok lengkap banget hidupku. Nyaman. Tidur terasa sangat lelap.

Hapsari Adiningrum said...

Yess aku hobi fotography juga dari rumah. Motret masakkan sendiri atau jajanan. Kadang juga motretin bunga. Seru.

Irfa Hudaya said...

Ternyata banyak banget yang belum kukerjain di rumah selama social distancing ini. Kudu dicoba ini

Uniek Kaswarganti said...

Dari semuanya itu, hanya yang geser-geser barang alias menata rumah yang aku ga suka hehehe... Rebahan mah favorit.

Senang juga nih saat banyak waktu untuk bisa membaca. Tumpukan buku yg belum sempat kebaca itu udah melambai-lambai sih. :)

Noorma Fitriana M. Zain said...

Hobiku.nyanyi mbak. Dadi bisa.nyari penghasilan dari nyanyi ku di sosmed ekwkek

Sintia Astarina said...

Waahh kalo kayak gini sih nggak bakalan bosen buat di rumah aja. Wong banyak banget hal-hal yang bisa dilakuin :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel