Apa itu Komunikasi? Konsep Dasar Komunikasi (Bagian Pertama)

Gambar: Google

                Setiap hari, kita membuka mata dan mengucapkan syukur atas nikmat yang kita dapatkan. Menikmati udara segar dan embun pagi yang menyejukkan. Kita langsung berpikir apa yang akan kulakukan pagi ini? Lalu berderet aktivitas tiba-tiba datang memenuhi isi kepala kita. Ya, sebagaimana manusia kita tidak akan terlepas dari komunikasi. Kegiatan di atas adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan pada diri sendiri, yaitu komunikasi intrapersonal. Komunikasi menjadi bagian terpenting dari hidup manusia dan selalu bersamaan dengan segala aktivitas yang kita lakukan.
                Komunikasi dapat dilakukan terhadap diri sendiri, orang lain (terhadap ayah, ibu, kakak adik dan yang lainnya), kepada masyarakat umum, dan sebagainya. Dilakukan baik langsung maupun tidak langsung. Ketrampilan berkomunikasi efektif adalah salah satu softskill yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya. Tulisan ini akan mengantarkan Anda memahami apa itu komunikasi.

Setelah membaca tulisan ini, Anda diharapkan dapat:
Pertama, Menjelaskan pengertian komunikasi sebagai hakikat komunikasi manusia
Kedua, Menjelaskan tujuan komunikasi
Ketiga, menjelaskan eleman komunikasi
                Berdasarkan tujuan tersebut, maka penulisannya akan disajikan secara berurutan, apa itu komunikasi yang meliputi pengertian, tujuan dan selanjutnya elemen dalam komunikasi.

Pertama, Pengertian Komunikasi

                Apa itu komunikasi? Adalah pertanyaan pertama yang harus kita jawab untuk mempelajari komunikasi. Jawaban ini dapat kita peroleh dengan membaca, mendengarkan, mendiskusikan, memahami dan melaksanakan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Jika dicari dari literatur yang ada, ada banyak sekali definisi komunikasi yang ada. Definisi-definisi tersebut dipaparkan oleh para ahli yang memahami betul makna komunikasi secara mendalam. Terkadang ada beberapa perbedaan makna dari definisi yang disampaikan, namun hal ini adalah normal karena setiap orang memiliki daya kritis sendiri terhadap sesuatu. Dan berdasarkan kompetensi yang berbeda-beda, beragam definisi ini justru memperkaya makna komunikasi itu sendiri.
                Kita dapat memahami pengertian komunikasi dari asal katanya (etimologi). Komunikasi berasal dari communication yang berasal dari bahasa Latin communicatio  yang terbentuk dari dua akar kata: com (bahasa Latin “cum”) yang berarti dengan atau bersama; dan unio (bahasa Latin union) yang berarti bersatu dengan. Jadi komunikasi dapat diartikan “union together with” yang berarti bersama dengan atau “union with” yang berarti bersatu dengan (Liliweri, 2006). Beberapa pengertian komunikasi yang disampaikan oleh para ahli, yaitu:
a.  Laswell mendefinisikan komunikasi sebagai proses yang menggambarkan siapa mengatakan apa dengan cara apa kepada siapa dengan efek apa.
b. Komunikasi merupakan rangkaian proses pengalihan informasi dari satu orang kepada orang lain dengan maksud tertentu
c. Chitty (1997) mendefinisikan komunikasi adalah tukar-menukar pikiran, ide, atau informasi dan perasaan dalam setiap interaksi. 
d. Jurgen Ruesch (1972) dalam Chitty (1997) menjelaskan bahwa komunikasi adalah keseluruhan bentuk perilaku seseorang secara sadar ataupun tidak sadar yang dapat memengaruhi orang lain tidak hanya komunikasi yang diucapkan dan ditulis, tetapi juga termasuk gerakan tubuh serta tanda-tanda somatik dan simbol-simbol.

         Dari beberapa definisi di atas, kita dapat mengatakan bahwa komunikasi adalah sebuah aktivitas (proses) manusia yang selalu melibatkan pengirim dan penerima  untuk menyampaikan pesan tertentu melalui verbal maupun non verbal melalui cara atau metode tertentu dengan tujuan komunikasi dan mendapatkan makna/ umpan balik yang tepat.
        Umpan balik yang tepat ini adalah kunci dari komunikasi efektif, yang melibatkan kesungguhan dari semua elemen yang terlibat. Baik pelaku, pesan, media maupun metode yang digunakan. Sedangkan disisi lain penerima juga dapat memperhatikan dengan seksama agar dapat memahami pesan yang disampaikan serta memberikan respon yang sesuai (Tri Anjaswarni, 2016).
        Nah, kira-kira sudah jelas belum tentang apa itu komunikasi? Silahkan berikan komentar atau pertanyaan jika kurang jelas, ya! Semoga bermanfaat.

Referensi
 Liliweri, A. (2006). Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Kupang: Pustaka Pelajar.
Tri Anjaswarni, S. M. (2016). Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta: PPSDM Kemenkes.

32 Responses to "Apa itu Komunikasi? Konsep Dasar Komunikasi (Bagian Pertama)"

Unknown said...

NAMA : BARTOLOMEUS LEDUN ODJAN
NIM : 2018.01.0037

komunikasi adalah suatu kebutuhan yang sangat penting bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat.Dalam hidup bermasyarakat, orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan orang lain maka akan terisolasi dengan sendirinya.

Nana adelia said...

Nama : Nana adelia
Nim : 2018.01.0046
Komunikasi adalah suatu intraksi antara dua orang atau lebih baik itu secara langsung maupun tidak langsung, dengan tujuan apa Yang disampaikan oleh komunikator dapat dimengerti oleh komunikan.

Nanda widya said...

Nama : Nanda Widyaningrum
Nim : 2018.01.0047

Komunikasi adalah dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Dan komunikasi tersebut bisa dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Unknown said...

ALFIDA FEBRIANA
2018.01.0034
Komunikasi yaitu interaksi antara 1orang atau lebih yang mana di dlm interaksi tersebut memiliki sebuah tujuan

Akwila Bella said...

Nama : Akwila Bella P.R
NIM. : 2018.01.0033
Apa itu komunikas? Komunikasi yaitu suatu proses penyampain pesan/informasi kepada orang lain yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak,Baik secara verbal maupun non verbal (ekspresi wajah, gerak tangan/gerak tubuh) bisa saja melalui media seperti tv,koran,dll).
Komunikasi bertujuan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Novalia Hadi Pratiwi said...

Nama : Novalia Hadi Pratiwi
NIM : 2018.01.0048

komunikasi dapat dimaknai sebagai jalannya proses dimana seseorang maupun sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar. Secara umum komunikasi dapat dilakukan secara verbal serta dapat dipahami oleh kedua belah pihak berkaitan. Yang bisa dikatakan bahwa komunikasi dilakukan interaksi antara satu orang atau lebih karena di dalam interaksi tersebut memiliki sebuah tujuan tertentu.

Berliani Jati Sukma said...

Nama : Beriani Jati Sukma
Nim : 2018.01.0038

Komunikasi adalah suatu kebutuhan manusia yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Komunikasi dapat mempermudah manusia dalam menyampaikan atau menerima informasi .

Dwi Yuliyani said...

Komunikasi adalah interaksi pertukaran informasi antara dua orang atau lebih,dengan maksud dan tujuan tertentu...

Anisa Kurnia Ikhtari said...

Menurut saya, komunikasi adalah interaksi antara satu orang atau lebih untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan, komunikasi juga bisa dilakukan dengan diri kita sendiri, seperti berbicara oada diri kita sendiri "apa yang sudah saya lakukan, dan apa yg harus saya lakukan hari ini"

Wiwik sundari said...

Nama: Wiwik Sundari
NIM : 2018.01.0053




Komusikasi adalah proses penyampaian informasi dari sesorang kepada orang lain yang mengandung pesan baik lewat media massa seperti fb,ig,dll atau secara langsung yang akan mendapatkan timbal balik atau respon.

Unknown said...

Nama:Faisal hanif alamsyah
Nim:2018.01.0040

Komunikasi adalah bentuk suatu interaksi sosial verbal dan non verbal yang bertujuan untuk menemukan informasi dari individu maupun kelompok

Unknown said...

Nama: Maria Rika Jawang
Nim : 2018.01.0045

Komunikasi adalah suatu bentuk interaksi antara individu dengan individu yang lain falam menyampaikan suatu informasi maupun menerima suatu informasi yang dapat di lakukan secara lisan atau verbal yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak

Unknown said...

Nama : Patrisia Paula Jawa Kelen
NIM : 2018.01.0049

Komunikasi adalah suatu proses interaksi antara diri sendiri maupun dengan orang lain dalam menyampaikan informasi atau maksud tertentu serta pernyataan, untuk mendapatkan umpan balik.

TerimaKasih.

Yusril ardiansyah said...

Nama :yusril ardiansyah
Nim : 2018.01.0054
Komunikasi yaitu cara bersosialisasi dengan masyarakat guna menjalin interaksi antar sesama dengan tujuan memperoleh respond atau timbal balik dengan lawan berkomunikasi

Baiq Mita Sri Rahmani said...

nama : Baiq Mita Sri Rahmani
NIM : 2018.01.0036

Komunikasi adalah interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup baik secara lansung maupun tidak lansung, verbal maupun non verbal,baik kepada diri sendiri,orang lain maupun masyarakat,yang bertujuan untuk memberikan serta menerima informasi dan memberikan pengertian atau pemahaman terhadap lawan berkomunikasi.

Andriany setyawan dewi said...

ANDRIANY SETYAWAN DEWI
PRODI TEKNOLOGI BANK DARAH SMSTR 2
Menurut yang saya pelajari dari matakuliah hari ini komunikasi adalah usaha interaksi dua orang atau lebih untuk mancapai suatu tujuan (bersama)baik tujuan memberi pengertian ,pemahaman, masukan lewat interaksi verba,non verba,langsung,tidak langsung . Trimakasih

Maria stelamaris said...

Nama:Maria Stelamaris Pao Liwun

Komunikasi adalah suatu bentuk interaksi antara pemberi informasi kepada pendengar untuk memperoleh suatu informasi atau hal baru yg sedang berkembang atau yang lagi hangat dibicarakan. Suatu informasi dikatakan efektif apabila penerima merespon secara tepat apa yg di smapaikan oleh pemberi informasi.

Terimakasih

Andriany setyawan dewi said...

ANDRIANY SETYAWAN DEWI
PRODI TEKNOLOGI BANK DARAH SMSTR 2
Menurut yang saya pelajari dari matakuliah hari ini komunikasi adalah usaha interaksi dua orang atau lebih untuk mancapai suatu tujuan (bersama)baik tujuan memberi pengertian ,pemahaman, masukan lewat interaksi verba,non verba,langsung,tidak langsung . Trimakasih

Unknown said...

Nama : lalu gede wira sentana
Komunikasi adalah suata Proses di mana seseorang atau kelompok menciptakan atau menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Anonymous said...

Nama: Baiq Anis Maulida
Komunikasi adalah upaya interaksi atau berinteraksi antara orang satu demgan orang yang lain bertujuan untuk menyampaikan atau mendapatkan informasi yang di inginkan, baik secara langsung atau tidak langsung.

Anonymous said...

Nama:Maria Kurniati Manggina Open

Komunikasi menurut saya adalah suatu bentuk interaksi antar individu
baik secara langsung atau tidak langsung dengan tujuan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Komunikasi adalah sesuatu yg sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan kita sebagai Makhluk Sosial.


Terimakasih.

Laela Kanaya said...

Nama: Laela Kanay

Komunikasi merupakan peroses penyampaian infotmasi dari satu orang atau lebih baik secara langsung maupun tidak langsung dengan maksud dan tujuan tertentu.

Elsa novi saputri said...

Tidak hanya komunikasi namun juga edukasi tentang guna dan manfaat donor darah kepada masyarakat

aulia dewi said...

kegiatan komunikasi dalam bidang kesehatan khsusunya pelayanan masyarakat sangatlah penting. karena dengan adanya komunikasi interaksi antara tenaga medis dan masyarakat akan berlangsung dengan baik. komunikasi yang dikatakan baik apabila penyampaiannya efektif dan mudah dipahami masyarakat.terlebih untuk mahasiswa bank darah harus dapat menciptakan sebuah pemahaman bagi calon donor.tidak hanya mahasiswa bank darah tetapi semua semua pelayanan masyarakat diharapkan memiliki bibit bobot dan bebet tentang materi yang akan di jelaskan kepada masyarakat,jadi apabila ada beberapa pertanyaan dari masyarakat, sebagai tenaga medis dapat memberi penjelasan secara rinci.

Intan Aulia said...

Nama: Intan Aulia
NIM : 2018.01.0041
Komunikasi adalah suatu kegiatan berinteraksi
baik itu dalam diri sendiri dan orang lain. Konunikasi ada dalam 2 bentuk, yaitu bentuk verbal dan nonverbal. Komunikasi yang baik akan mempermudah pemahaman tentang suatu hal atau informasi yang telah diberikan dari penyampai dan dipahami oleh penerima.

Putri Liwun said...

Feliksia Putri Bunga Liwun

Komunikasi adalah proses interaksi antara dua orang atau lebih dalam proses menyampaikan pesan dan menerima pesan baik secara verbal dan non verbal yang bertujuan agar penerima dapat memahami,mengerti apa yang di sampaikan dan memberikan timbal balik atau respon.

Putri Liwun said...
This comment has been removed by the author.
Kr said...

Kristina Bota Ruron


Komunikasi adalah, interaksi antara sesama manusia untuk menggali informasi dari satu orang ke orang lain baik secara lisan maupun verbal yang bisa dipahami oleh kedua belah pihak

Unknown said...

NAMA : YOSEP TUKAN KELEN

Komunikasi merupaka sebuah interaksi perbincangan/pembicaraan antara satu dengan yang lain dimanan memberikan tujuan umpan balik maka interaksi tersebut akan menjadi hidup(enak dalam berbicara)

Terimakasih.

Unknown said...

Juckey Kusuma Sanjaya

Komunikasi yaitu sebuah interaksi sosial yg dilakukan antara 2 orang atau lebih guna menyampaikan suatu informasi baik scr langsung maupun tidak langsung,yg memiliki tujuan tertentu.

Muhammad Naufal Azmi said...

Nama :Muhammad Naufal Azmi

Komunikasi adalah suatu bentuk interaksi untuk menyampaikan pesan/informasi kepada orang yang diajak interaksi,misalnya antar individu dengan individu ,antar individu dengan kelompok secara langsung maupun tidak langsung dengan kata yang mudah di mengerti atau Bahasa yang mudah di mengerti dan juga menarik

Anas Ghalib said...

Yang saya tangkap dari artikel pengantar komunikasi yaitu, komunikasi adalah kegiatan sebagai aspek terpenting dalam kehidupan manusia karena selain makhluk individu manusia juga adalah sebagai makhluk sosial. Tidak hanya sesama manusia, komunikasi juga kita lakukan kepada Tuhan kita sebagai wujud ibadah kepadaNya. Manusia juga dapat di nilai baik buruknya melalui keterampilannya dalam berkomunikasi. Oleh karena itu keterampilan dalam berkomunikasi sangat dibutuhkan oleh manusia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel