Sekolah di Rumah karena Covid 19: Ini Games Konsentrasi Mudah yang Dapat Dimainkan Bersama Anak.


Games Konsentrasi Mudah untuk Anak TK

Sekolah di Rumah

      Sudah berapa lama anak-anak sekolah di rumah? Ada yang sampai lupa menghitung ini hari keberapa nggak ya? Tapi yang jelas, sekolah di rumah haruslah tetap kita jalankan dengan enjoy ya Ayah dan Bunda. Sambil mereka bermain, mereka dapat kita ajarkan tema-tema pembelajaran sesuai topik di sekolah. Ada tantangan pastinya, karena anak yang biasanya diajar oleh Bapak/ Ibu Guru dengan metode belajar kelas, kini harus memiliki guru baru yaitu orang tua atau orang dewasa lain yang tiggal di rumah. Selain itu, metode pembelajaran pun berubah jauh. Dari model pembelajaran offline, kini banyak yang beralih ke online. Pastinya seru ya. Susah-susah gimana gitu.

Pembelajaran Kreatif untuk Anak

        Ada banyak hal yang bisa menjadi mata pelajaran tambahan ketika anak-anak belajar di rumah.  Salah satunya pembelajaran kreatif. Apa itu? Buat saya pembelajaran kreatif adalah model pembelajaran yang membebaskan anak untuk berpikir secara kritis untuk mempelajari hal tertentu. Salah satu metode yang sering saya pakai yaitu dialek atau berdiskusi. Mencari makna yang dapat digali dari proses belajar yang baru saja dilalui.

Manfaatkan Games untuk Belajar Konsentrasi

      Salah satu pembelajaran kreatif yaitu dengan menggunakan metode bermain pada anak. Banyak referensi yang mengatakan bahwa terapi bermain sangat bermanfaat bagi kecerdasan dan perkembangan anak. Berikut ini adalah salah satu permainan/ games mudah untuk belajar konsentrasi.

Games Konsentrasi Mudah Untuk Anak TK: Gerakan Apa Yang Benar?


Petunjuk permainan yang sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan masing-masing 2 piring plastik (karena anak Saya kembar, maka ada 4 piring yang Saya pakai)
  • Gunakan jeruk, minuman kemasan ukuran kecil, buah yang lain masing-masing sebanyak 2 buah sebagai isian piring
  • Ajarkan mereka gerakan yang dilakukan ketika piring berisi sesuatu, contoh:

Piring yang kosong : gerakannya tangan seperti menunjuk dengan seluruh tangan lurus ke depan
Piring yang berisi jeruk besar: Gerakan menepuk, jika isi nya 1 maka tepuk 1x juga dan seterusnya
Piring berisi minuman (saya menggunakan minuman prebiotik: Gerakan menepuk ke lantai
Lalu variasikan isian piring dan gerakannya
  • Minta mereka untuk memperhatikan dan mengingat gerakan, lalu praktekkan gamesnya. Awalnya dengan tempo yang lambat lalu kemudian menjadi lebih cepat.
  • Dan praktekkan gamesnya

       Saya suka dengan konsep permainan ini karena dapat dilakukan dengan santai dan membuat anak-anak tertantang untuk berpikir. Terlebih lagi permainan ini tidak menggunakan hp, sehingga untuk sementara waktu dapat menjauhkan mereka dari gadget. Bunda dan Ayah pun bisa mempraktekkan games ini bersama dengan ananda di rumah.
Jangan lupa, di akhir permainan ajaklah mereka untuk mengobrol membicarakan apa yang mereka rasakan selama games dan apa yang sudah mereka pelajari dari games ini. Kami juga sudah bermain games ini ya, dapat di cek di video atas. 

Games ini tidak membutuhkan peralatan yang susah dan tempat yang luas. Dan yang penting, menyenangkan. Semoga bermanfaat ya.


Semarang, 24 April 2020
@yuliarinta
youtube @Shafa marwa sama

0 Response to "Sekolah di Rumah karena Covid 19: Ini Games Konsentrasi Mudah yang Dapat Dimainkan Bersama Anak."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel