Unsur-unsur Komunikasi

Model Komunikasi Berlo
Sumber: Pakar Komunikasi.com


Manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Dengan adanya orang lain, mampu membuat manusia menjadi berbudaya. Kesendirian akan membuatnya kesepian dan kehilangan nilainya sebagai manusia. Hal ini dapat kita lihat di film-film sequel tarzan atau kisah manusia yang terdampar seorang diri di sebuah pulau. Dengan berada di lingkungan masyarakat, manusia akan selalu mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan maksud untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
Komunikasi menjadi hal yang penting yang berkembang dari masa ke masa. Sejak jaman dahulu kala, manusia telah berkomunikasi dengan sesama meskipun dengan cara sederhana. Komunikasi berkembang secara cepat di abad ke-20. Beberapa tokoh seperti Miller (1951), Clevenger (1959), Taylor, lilis, LeMone (1989) dan Barnett Pearce (1989) menunjukkan komunikasi memiliki unsur-unsur yang membuat komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Oleh Devito (1997), unsur-unsur ini disebut dengan istilah elemen komunikasi.

Berikut adalah unsur komunikasi

1.      Komunikator

Orang yang menyampaikan pesan ke seseorang atau sejumlah orang (Fajar), 2009).  Komunikator ini bisa satu orang, lebih dari satu atau massa.

2.      Komunikan  

Seseorang yang menerima pesan dari komunikator.Peran antara komunikator dan komunikan disini bersifat dinamis, dimana mereka bisa bersifat dinamis dalam artian saling bergantian dalam memberikan pesan (Fajar), 2009)

3.      Pesan

Pesan adalah serangkaian informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator (Priyanto, 2009). Pesan sendiri bersifat abstrak. Pesan dapat bersifat konkret bila berupa suara, mimik, gerak-gerik, bahasa lisan, dan bahasa tulisan. Pesan yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima dapat dikemas secara verbal atau nonverbal. komunikasi verbal adalah penyampaian makna dengan menggunakan kata-kata. Pesan bersifat verbal (verbal communication) antara         lain:     Oral (komunikasi yang dijalin secara lisan) dan Written (komunikasi yang dijalin   secara   tulisan).   Sedang   komunikasi   nonverbal tidak menggunakan kata-kata. Pesan bersifat non verbal yaitu Gestural communication (menggunakan sandi-sandi untuk menjamin kerahasiaan) dan menggunakan kiat, isyarat, gambar atau warna (Fajar), 2009). Dalam komunikasi sehari-hari 35% berupa komunikasi verbal dan 65% berupa komunikasi nonverbal.

4.      Saluran komunikasi

Alat      yang    digunakan       untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Terdapat dua cara: Non mediated communication (face to face) atau secara langsung dan dengan menggunakan media. Pada komunikasi tatap muka, akan terjadi aktifitas komunikasi antara komunikan dengan komunikator, contohnya forum, diskusi panel, rapat, ceramah, simposium, konferensi pers, seminar dan lain-lain. Komunikasi yang dilakukan dengan media, dapat dilakukan melalui media massa dan non media massa. Komunikasi melalui media massa dapat dilakukan secara periodik melalui elektronik yang berupa radio, TV, dan film atau melaui media cetak seperti surat kabar dan majalah. Komunikasi secara non perodik dapat dilakukan melalui manusia seperti marketting dan juru kampanye

Dua unsur yang ditambahkan oleh beberapa tokoh dan yang penting yaitu:

5.      Efek komunikasi

Pengaruh yang ditimbulkan pesan dari komunikator dalam diri komunikannya, yang dapat berupa efek kognitif (seseorang menjadi tahu sesuatu), afektif (sikap seseorang bertindak mekakukan sesuatu (Bahanan, 2005)

6.      Umpan Balik

Jawaban  dari  komunikan terhadap pesan yang telah disampikan komunikator. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan terus-menerus saling bertukar peran.


Referensi

Bahanan, H. (2005). Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Patyrus.
Fajar), M. (2009). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Priyanto, A. (2009). Komunikasi dan Konseling Aplikasi dalam Sarana Kesehatan untuk Perawat dan Bidan. Jakarta: Salemba Medika.


15 Responses to "Unsur-unsur Komunikasi"

Anisa Kurnia Ikhtari said...

Komunikasi memang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Namun, benar yang dikatakan pada pembuka tulisan ini, manusia adalah makhluk sosial, dan akan sekalu membutuhkan orang lain, hal ini juga berpengaruh terhadap komunikasi yang baik, karna orang yg biasanya tidak pernah mencoba untuk berbicara di depan ornag banyak akan terus kesusahan dalam berpendapat, seperti saya, saat duduk di banku MTs saya benar-benar takut untuk berbicara dan menyampaikan pendapat saya karna ruang lingkup perteman dan organisasi yang yang saya ikuti juga sedikit, tapi sejak masuk MA dan kulyaj saya memcoba untuk mengikuti berbagai kegiatan dan memperluas ruang pertemanan, hingga sekarang saya mulai berani untuk menyampaikan pendapat dan berbicara di depan orang banyak.
Namun, dalam berkomunikasi banyak hal yang harus kita perhatikan, ada unsur-unsur yang menjadi dasar bahwa kegiatan tersebut merupakan komunikasi, seperti komunikator (orang yang menyampaikan pesan), komunikan (orang yang menerima pesan), pesan itu semdiri (isi dari informasi yg akan di dapatkan), saluran komunikasi (alat yg digunakan seperti sosial media, efek dari komukasi tersebut seperti membuat orang yg tidak tahu menjadi tahu, hingga umpan balik dari komunikasi itu sendiri seperti komemtar-komentar yang diberika oleh komunikan kepada komunikator.
Hal-hal tersebut perlu di perhatikan, agar komunikasi berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi komunikan.
Terimakasih:)

Unknown said...

BARTOLOMEUS LEDUN ODJAN

Komunikasi menjadi hal yang penting yang berkembang dari masa ke masa. Sejak jaman dahulu kala, manusia telah berkomunikasi dengan sesama meskipun dengan cara sederhana. Komunikasi berkembang secara cepat di abad ke-20. Beberapa tokoh seperti Miller (1951), Clevenger (1959), Taylor, lilis, LeMone (1989) dan Barnett Pearce (1989) menunjukkan komunikasi memiliki unsur-unsur yang membuat komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Oleh Devito (1997), unsur-unsur ini disebut dengan istilah elemen komunikasi.
unsur komunikasi
1 Komunikator
Orang yang menyampaikan pesan ke seseorang atau sejumlah orang (Fajar), 2009). Komunikator ini bisa satu orang, lebih dari satu atau massa.

2.Komunikan
Seseorang yang menerima pesan dari komunikator.Peran antara komunikator dan komunikan disini bersifat dinamis,

3.Pesan
Pesan adalah serangkaian informasi yang ingin disampaikan oleh komunikator (Priyanto, 2009). Pesan sendiri bersifat abstrak.

4. Saluran komunikasi
Alat yang untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Terdapat dua cara: Non mediated communication (face to face) atau secara langsung dan dengan menggunakan media.

5 Efek komunikasi
Pengaruh yang ditimbulkan pesan dari komunikator dalam diri komunikannya, yang dapat berupa efek kognitif (seseorang menjadi tahu sesuatu), afektif (sikap seseorang bertindak mekakukan sesuatu (Bahanan, 2005)
6 Umpan Balik
Jawaban dari komunikan terhadap pesan yang telah disampikan komunikator. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan terus-menerus saling bertukar peran.

Rifky irvandi maulana said...

Karna kita adalah mahluk sosial,pastinya sangat sering melakukan komunikasi,sejak kecil sudah melakukan komunikasi.Namun tentunya ilmu komunikasi pada saat kecil dan saat ini berbeda,bisa di ambil contoh sejak saat sd yang dimana pastinya sangat malu-malu,smp sudah agak mulai berani mengungkapkan pendapat,dan pada saat SMA yang dimana sudah mendapatkan pengalaman komunikasi dalam bentuk formal dan informal yang banyak,namun hal itu berdasarkan pengalaman saya sejak sd hingga saat ini.Setelah mendapatkan ilmu komunikasi yang baik akhirnya saya sadar ternyata banyak hal dalam komunikasi yang harus diperhatikan.
Seperti beberapa point yang sudah saya baca dan dengarkan(komunikator,komunikan,pesan,saluran komunikasi,efek komunikasi dan umpan balik) yang membuat saya lebih mengerti dan memahami ilmu dalam berkomunikasi.

Rosita said...

Tujuan dari suatu komunikasi itu sangat penting karena tidak hanya berbicara atau menyampaikan ide pikiran tetapi juga perubahan perilaku pada seseorang. Dalam mengubah perilaku seseorang ini ada 3 prinsip yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam melakukan komunikasi ada unsur2 yang harus dipenuhi, minimal ada 4 unsur: komunikator, komunikan, pesan dansaluran komunikasi.
Saluran komunikasi itu bisa dilakukan dalam banyak media, salah satunya tanpa kita sadari banner / spanduk adalah salah satunya. Karena konten dari spanduk itu sendiri bisa mempengaruhi orang yang membaca / melihatnya.
Namun selain 4 unsur tsb ada juga 2 unsur tambahan yaitu efek komunikasi dan umpan balik. Umpan balik ini tergantung dari penerima pesan bisa saja respon baik atau buruk.
Sukses atau tidaknya suatu komunikasi juga bisa dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan sikomunikan, semakin komunikan menguasai apa yang disampaikan semakin mudah untuk memberikan efek yang kita mau kepada komunikan.

Nanda widya said...

Nanda Widyaningrum

Komunikasi merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan yang sering kita lakukan dalam sehari-hari. Dan memang benar yang dikatakan oleh seorang penulis tersebut kalau manusia adalah makhluk sosial, dan akan selalu membutuhkan orang lain. hal ini juga berpengaruh terhadap komunikasi yang baik, karna orang yg biasanya tidak pernah mencoba untuk berbicara di depan banyak orang akan terus kesusahan dalam berpendapat. Seperti halnya ada kegiatan presentasi atau seminar dalam forum itu kan juga penting dalam berkomunikasi secara langsung atau antara individu dengan kelompok. Dan seseorang tersebut akan mempresentasikan bahan diskusi kepada sekelompok orang yang ada di dalam forum. Namun, dalam berkomunikasi banyak hal yang harus kita perhatikan, ada unsur-unsur yang menjadi dasar bahwa kegiatan tersebut merupakan komunikasi, seperti komunikator (orang yang menyampaikan pesan), komunikan (orang yang menerima pesan), pesan itu sendiri (isi dari informasi yg akan di dapatkan), saluran komunikasi (alat yg digunakan seperti sosial media, efek dari komukasi tersebut seperti membuat orang yg tidak tahu menjadi tahu, hingga umpan balik dari komunikasi itu sendiri seperti komentar2 yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator.
Tentu saja kemampuan untuk mengatasi hambatan-hambatan komunikasi menjadi penting untuk dimiliki seseorang.😊

Laela Kanaya said...

Laela kanaya

Komunikasi merupakan salah satu proses interaksi yang dilakukan manusia setiap hari. Seperti yang di katakan, manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Manusia akan selalu mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan maksud untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.
Disini komunikasi berperan penting dalam proses penerimaan dan pengiriman pengetahuan tersebut.
Komponen yang diperlukan untuk berkomunikasi adalah adanya seorang pengirim pesan atau komunikator, seorang penerima pesan atau komunikan, saluran komunikasi, efek komunikasi, dan umpan balik.
Apabila salah satu komponen tersebut tidak ada dalam proses komunikasi maka dapat dikatakan bahwa komunikasi tersebut tidak efektif.

Akwila Bella PR said...

Manusia tidak hidup sendirian dengan adanya orang lain maka komunikasi akan terjadi dan menjadi sangat penting,komunikasi tidak hanya melalui perkataan saja tetapi bisa saja melalui gerak tubuh ,ekspresi wajah maupun melalui media.komunikasi memiliki unsur-unsur yang membuat komunikasi dapat berlangsung dengan baik.
1. Komunikator ( orang yang menyampaikan pesan kepada seorang ataupun lebih dari satu)
2. Komunikan ( seseorang yang menerima pesan dari komunikator)
3. Pesan ( informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan bisa berupa lisan, gerak gerik, tulisan maupun lisan.
4. Saluran komunikasi ( alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima contohnya seperti diskusi,seminar ,ceramah ,tv,radio koran dll)
Dan ada juga 2 unsur yang di tambahkan yaitu
5. Efek komunikasi (pengaruh yang di timbulkan pesat dari komunikator kepada komunikan ya)
6. Umpan balik ( jawaban dari komunikan terhadap pesan yang telah disampaikan Komunikator)

Novalia Hadi Pratiwi said...

Komunikasi adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan yang sering kita lakukan dalam sehari-hari yang berinteraksi dengan satu orang dan yang lain. Memang benar bahwa yang dikatakan oleh seorang penulis tersebut kalau manusia adalah makhluk sosial, dan akan selalu membutuhkan orang lain , yang dimana ini sangat perlu dibutuhkan karena hal ini sangat berpengaruh terhadap komunikasi yang baik. Seperti halnya pada saat masuk sekolah untuk pertama kalinya kita belum kenal dengan siapa pun yang biasa kita lakukan bila bertemu dengan orang baru itu dengan berjabat tangan dan senyum yang di ikuti dengan berkenalan terlebih dahulu , disini akan muncul dengan berbagai komunikasi yang sederhana , ya ketika sudah mengenal lama kita bisa berkomunikasi secara formal dan informal dimana sudah mendapatkan pengalaman sebelumnya bagaimana cara berkomunikasi dengan seseorang yang benar. Namun, dalam berkomunikasi banyak hal yang harus kita perhatikan, ada unsur-unsur yang menjadi dasar bahwa kegiatan tersebut merupakan komunikasi, seperti komunikator (orang yang menyampaikan pesan), komunikan (orang yang menerima pesan), pesan itu sendiri (isi dari informasi yg akan di dapatkan), saluran komunikasi (alat yg digunakan seperti sosial media, efek dari komukasi tersebut seperti membuat orang yg tidak tahu menjadi tahu, hingga umpan balik dari komunikasi itu sendiri seperti komentar2 yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator.
Hal-hal yang seperti ini bisa kita perhatikan bagaimana bisa berkomunikasi dengan baik dan benar dan bermanfaat bagi komunikan. 🙏😊

Intan Aulia said...

Komunikasi adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan. Itu mengapa kita sebagai makhluk sosial tidak bisa terlepas dari adanya komunikasi. Dengan adanya komunikasi, beberapa informasi, pesan,dan data yang ada bisa disampaikan kepada orang lain.Tujuan utama komunikasi tidak hanya berbicara tentang suatu hal tpi juga dapat mengubah perilaku penerima informasi dan menambah pemahaman tentang suatu hal. Contohnya seperti komunikasi antara petugas recruitment donor darah dengan masyarakat, dimana petugas harus memberikan informasi seputar donor darah dan manfaatnya bagi pendonor dan pasien penerima darah guna menjaga ketersediaan stok darah dan keamanan darah. Sehingga masyarakat sebagai penerima komunikasi bisa termotivasi untuk menjadi donor darah sukarela.

Seperti yang kita tau, komunikasi harus berjalan dengan baik sehingga pesan yang disampaikan bisa dipahami dan dimengerti oleh penerima. Komunikasi yang baik memiliki beberapa unsur, yaitu Komunikator (orang yang menyampaikan pesan), Komunikan (orang yang menerima pesan dari komunikator), Pesan (suatu konsep informasi yang disampaikan oleh komunikator), dan Saluran Komunikasi (media apa yang digunakan dalam proses penyampaian suatu informasi). Disamping 4 unsur tersebut, ada 2 unsur tambahan dan unsur ini penting dalam komunikasi. Unsur tersebut, yaitu Efek Komunikasi (dampak dan pengaruh yang diterima dalam diri komunikan) dan Umpan Balik (respon dari komunikan ke komunikator setelah adanya suatu informasi).

Meski ada beberapa unsur dalam komunikasi, tentu komunikasi setiap orang bisa berbeda sesuai kemampuan masing-masing. Baik itu dalam bentuk verbal atau nonverbal, yang terpenting adalah usaha kita dalam berkomunikasi sehingga bisa menciptakan komunikasi yang baik dan efisien.

Berliani Jati Sukma said...

Nama : Berliani Jati Sukma

Kita sebagi makhluk sosial sangat membutuhkan komunikasi dari sesama manusia karena manusia tidak hidup sendiri . Komunikasi dilakukan untuk lebih cepat dan jelas dalam menyampaikan informasi atau pesan . Dalam melakukan komunikasi kita turut serta memperhatikan unsur-unsur komunikasi yang meliputi , adanya komunikator dan komunikan , saluran komunikasi, efek komunikasi serta umpan balik .
Jika dalam melakukan komunikasi tidak memperhatikan unsur-unsur tersebut komunikasi tidak akan bisa berjalan dengan baik .

Nana adelia said...

Nama : nana adelia
Keberadaan komunikasi didalam kehidupan ini sangatlah penting, Karena manusia adalah mahkluk sosial Yang dimana tidak bisa hidup tanpa bantuan Dari orang lain, dan setiap manusia juga pasti Akan melakukan komunikasi dengan orang lain , oleh Karna itu komunikasi sangat bermanfaat bagi manusia selain bisa mempererat silaturahmi komunikasi juga bisa menambah wawasan antara komunikan dengan komunikator , dan masih banyak lagi manfaat Dari kominikasi, komunikasi akan berlangsung dengan baik dengan adanya unsur" komunikasi ,
Yang dimana unsur komunikasi terdiri Dari
1. Komunikan yaitu orang Yang menerima pesan
2. Komunikator yaitu orang Yang menyampaikan pesan
3. Pesan yaitu informasi Yang diaampaikan oleh komunikator
4. Saluran komunikasi yaitu alat Yang digunakan untuk menyampaikan pesan Yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan
Selain dari 4 unsur diatas ditambahkan lagi 2 unsur Dari beberapa tokoh diantaranya
1. Efek komunikasi yaitu dampak Yang diterima oleh komunikan seperti komunikan paham APA Yang disampaikan oleh komunikator
2. umpan balik yaitu respon Dari komunikan terhadap komunikator

Oleh sebab itu untuk mendapatkan komunikasi Yang baik maka harus disertai dengan adanya unsur diatas

Terimakasih🙏

Wiwik sundari said...

Komunikasi adalah suatu penyampaian pesan dari komunikator, kekomunikan sehingga bisa terhubungan antara dua komunikasi tersebut,kepada siapa yang dituju, siapa yang mengatakan apa, kepada siapa, dengan caranya bagaimana, dan tujuannya itu apa?
Dari unsur komunikasi bahwa ada unsur-unsur dari :
1. Komunikator (pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam proses komunikasi)
Contoh: seorang pelanggan (komunikator) mengajukan ketidakpuasan atas kinerja produk dari produsen (komunikan) yang baru dibeli, maka si petugas humas memberikan jawaban atas ketidakpuasan konsumen, terjadilah komunikasi antara produsen selaku komunikator dan satu orang (pelanggan) selaku komunikan
2.Komunikan (bagi orang yang menerima pesan atau berita yang disampaikan oleh komunikator)
3. Pesan ( keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator)
4. Saluran komunikasi (media yang digunakan sebagai penyalur pesan dalam sebuah proses komunikasi)
5. Efek komunikasi (perbedaan yang dialami oleh komunikan sebelum dan sesudah menerima pesan)
6. Umpan balik ( jawaban komunikan atas pesan yang diberikan oleh komunikator kepadanya)

Mempelajari unsur-unsur komunikasi sangat lah penting. Komunikasi sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan keluarga,masyarakat, dirumah, kampus, masjid, dan ditempat lainnya. Ada waktunya kita bisa komunikasi secara langsung dalam menyalurkan pendapat dan penjelasan.

Dwi Yuliyani said...

Penulis memberikan ilmu pengetahuan tentang bagaimana berkomunikasi dengan perkembangan dari masa ke masa.Meskipun dahulu komunikasi dengan cara yang sederhana,perkembangan komunikasi yang sekarang terdapat unsur-unsur yang membuat komunikasi dapat berlangsung dengan baik.Unsur-unsur yang diberikan antara lain
~Komunikator:pengirim pesan/informasi ke
seseorang bisa satu orang atau lebih dari satu
orang.
~Komunikan:penerima pesan dari
komunikator,komunikan dan komunikator hubungan
yang dinamis saling bergantian memberikan
~Pesan:Penyampaian pesan yang dilakukan oleh
komunikator berisi informasi berupa
suara,mimik,gerak gerik,bahasa lisan dan
tertulis.komunikasi dalam pesan ini bersifat
verbal dan non verbal.Verbal(dengan kata-kata)
Non verbal (dengan sandi,gambar,isyarat/warna)
~Saluran komunikasi:adalah alat yang digunakan
untuk memindah pesan dari sumber kepada
penerima.
Ada unsur tambahan yang diberikan yaitu
~Efek komunikasi:Pengaruh yang ditimbulkan
pesan dari komunikator berupa kognitif(menjadi
tau sesuatu),efektif(bertindak melakukan
sesuatu)
~Umpan Balik:Tanggapan dari komunikan yang
disampaikan komunikator.Komunikator dan
komunikan terus bertukar peran.



Terimakasih

Yusril ardiansyah said...

Nama; yusril
Jadi dari berbagai unsur kita tau bahwa komunikasi merupakan sebuah sarana bagi seseorang melakukan interaksi dengan orang lain hingga memperoleh sebuah informasi yang akan memberikan respon atau umpan balik kepada si penetima informasi.

Baiq Mita Sri Rahmani said...

Komunikasi memang sangat dibutuhkan karna itulah manusia disebut makhluk sosial,dalam hal ini beberapa unsur komunikasi diatas tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya karna sama² penting...baik sang kominikator dan kominikan mereka sama² dibutuhkan untuk terciptanya komunikasi yang baik,benar dan efektif...begitu pula unsur² komunikasi yang lain seperti pesan,saluran komunikasi,efek dari komunikasi tsb serta umpan balik yang di dapatkan baik berupa ide maupun informasi. Jadi sebagai makhluk yang mampu berkomunikasi dengan baik alangkah baiknya pula jika media komunikasi saat ini seperti sosial media kita gunakan dengan bijak dan memberi inspirasi serta manfaat bagi orang lain..terimakasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel